5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli yang Wajib Dicoba

5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli yang Wajib Dicoba

 5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli yang Wajib Dicoba

5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli yang Wajib Dicoba – Kuliner adalah hasil olahan yang berupa masakan. Masakan tersebut berupa lauk pauk, makanan (pangan), dan minuman. Karena setiap daerah memiliki cita rasa tersendiri,

Resep dan cara pembuatan kuliner tradisional biasanya bersifat turun temurun. Rasa kuliner tradisional yang khas dari satu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya

Sudah menjadi rahasia umum jika daerah di Indonesia memiliki ragam kuliner khas yang mampu menggugah selera, salah satunya adalah Daftar Club388 daerah Tapanuli yang ada di provinsi Sumatera Utara. Bahkan karena kelezatannya itulah kuliner khas Tapanuli tak hanya menjadi favorit penduduk lokal, tapi juga wisatawan dari mancanegara.

1. Sup sipirok

5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli, Sumut yang Wajib Dicoba 

Pada umumnya daging yang terdapat di dalam sup adalah daging dari ayam atau sapi. Tapi di Tapanuli kamu bisa menemukan sup berisi sumsum kerbau yang di kenal dengan nama sup sipirok.

 

Cita rasa sup ini sangat gurih nan wangi dengan kuah bening yang menggugah selera. Agar menghasilkan daging yang lembut, sup sipirok harus di masak dengan api kecil dan waktu yang lama.

 

Masyarakat Tapanuli biasanya menyajikan sup sipirok dengan gulai ikan sale, udang kecepe sambal pati, dan teri tawar goreng.

2. Ombus-ombus

5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli, Sumut yang Wajib Dicoba 

Ombus-ombus terbuat dari tepung beras dan gula merah. Kemudian kedua bahan tersebut di bungkus menggunakan daun pisang, lalu di kukus hingga matang. Cita rasanya yang manis dan gurih membuat ombus-ombus di gemari oleh banyak kalangan. Di Jawa kuliner ini dinamakan dongkal.

3. Ikan tombur

5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli, Sumut yang Wajib Dicoba 

Kuliner ikan tombur atau yang di kenal juga dengan nama natinombur ini sebenarnya merupakan ikan bakar. Penggunaan bumbu rempah-rempah lokal khas Tapanuli menjadikan ikan tombur memilili cita rasa yang unik dan berbeda dari ikan bakar yang biasa kamu temui.

Beberapa jenis ikan yang bisa di gunakan meliputi ikan mas, ikan nila, ikan lele, ikan mujair, dan lain-lain. Mula-mula ikan di bakar terlebih dahulu hingga matang, kemudian di lumuri dengan bumbu lokal.

4. Babi panggang kuno

5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli, Sumut yang Wajib Dicoba 
Hidangan babi panggang kuno atau yang biasa di sebut dengan BPK ini menggunakan daging dari babi yang usianya tidak terlalu tua.

Agar cita rasa yang di hasilkan lezat, mula-mula daging di beri bumbu kecap dan bumbu khas dari Tapanuli. Kemudian daging tersebut di bakar hingga matang. Biasanya BPK di sajikan bersama dengan sambal hijau atau daung singkong yang telah di tumbuk.

5. Kopi lintong

5 Kuliner Tradisional Khas Tapanuli, Sumut yang Wajib Dicoba 

Tak hanya makanan saja yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Tapanuli. Di sini ada salah satu minuman khas berupa kopi lintong yang sayang untuk dilewatkan.

Kopi lintong memiliki tekstur yang halus dan aroma tajam khas herba, rempah-rempah, kacang, cokelat, dan spicy. Selain masyarakat setempat, kopi lintong juga banyak di gemari oleh wisatawan mancanegara.

Itu dia kuliner khas yang berasal dari Tapanuli, Sumatera Selatan. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk mencicipinya ya karena kuliner tersebut tidak mudah di temukan di daerah lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *