5 Tempat Ziarah di Bandung untuk Jujugan Wisata Religimu

5 Tempat Ziarah di Bandung untuk Jujugan Wisata Religimu

5 Tempat Ziarah di Bandung untuk Jujugan Wisata Religimu

Di Pulau Jawa, banyak sekali tokoh berjasa dan berperan dalam penyebaran agama Islam ataupun kemerdekaan Indonesia. Di Bandung salah satunya. Jasa besar mereka di kenang hingga sekarang, meski sosoknya tak ada lagi.

Bagi umat Islam, ziarah makam tokoh Islam menjadi pilihan liburan sejenak, sekaligus mengenang jasa-jasa mereka yang berjuang. Cocok di kunjungi saat Ramadan, di lansir dari bradford-online.com, berikut beberapa tempat ziarah di Bandung untuk wisata religimu.

1. Kampung Mahmud

Di kutip dari IDN Poker APK, Kampung Mahmud termasuk desa adat yang masih mempertahankan rumah panggung. Setiap hari Jumat, warga biasanya ziarah ke makam leluhur di kawasan ini.

Di dalam Kampung Mahmud, kamu bisa menemukan tiga makam leluhur sekaligus, antara lain Eyang Abdul Manaf, Eyang Dalem Abdullah Gedug, dan Agung Zaenal RIF.

Lokasi: Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

2. Makam Keramat Mama Eyang Rende

Mama Eyang Rende menjadi salah satu tokoh penyiar agama Islam di Bandung. Semasa hidupnya, Mama Eyang Rende sering memakai pakaian compang-camping yang membuatnya di remehkan banyak orang. Ketika umur 97 tahun, ia meninggal dunia dan di makamkan di Desa Rende.

Lokasi: Desa Rende, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

3. Makam Eyang Dalem Ibrahim Cipatik

Tak banyak yang mengetahui makam seorang ulama kenamaan ini. Padahal, tokoh agama keturunan Prabu Siliwangi ini berperan penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kabarnya, beliau berhasil menghalau pasukan Belanda saat ingin memasuki kawasan Cipatik.

Lokasi: Kompleks Pemakaman Pataruman, Desa Cipatik, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

4. Makam Pangeran Raja Atas Angin

Syekh Maulana Muhammad Syafei atau Pangeran Raja Atas Angin ini di kenal menyebarkan Islam ke berbagai wilayah Jawa Barat. Di akhir hayatnya, keturunan dari Sunan Gunung Jati ini di makamkan di Bandung Barat. Istri dan kedua anak perempuannya pun di makamkan di tempat ini.

Lokasi: Desa Cijenuk, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

5. Taman Makam Pahlawan Nasional

Taman Makam Pahlawan ini luasnya mencapai 8,9 hektare. Terdiri dari 6.000 buah makam pahlawan dan 3.000 buah makam umum. Beberapa pahlawan yang di makamkan di sini, antara lain Abdoel Moeis, Laksa Udara Noor Tanio, dan sebagainya.

Lokasi: Jalan Cikutra, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: 08.00-16.00

Harga: gratis

Itulah beberapa tempat ziarah di Bandung yang bisa jadi jujugan wisata religi saat Ramadan. Tetap patuhi protokol kesehatan di mana pun berada ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *