Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga Agar Tetap Aktif Bergerak

Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga Agar Tetap Aktif Bergerak

Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga Agar Tetap Aktif Bergerak

Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga Agar Tetap Aktif Bergerak – Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur). Olahraga dapat dilakukan bersama-sama. Kegiatan (Olahraga) adalah suatu bentuk fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dapat meningkatkan derajat kesehatan, olahraga itu sendiri merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita semua tahu pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk berolahraga. Misalnya, jadwal kerja yang tidak mendukung, kelelahan sepulang kerja, terlalu sibuk, dan sebagainya.

Akan tetapi, tak perlu khawatir, ada beberapa cara sederhana yang akan mengubah harimu jadi semacam olahraga, tanpa mengharuskan kamu untuk benar-benar meluangkan waktu khusus untuk omg249 berolahraga. Caranya adalah dengan melakukan lebih banyak aktivitas yang menuntut tubuh untuk terus bergerak, sehingga meningkatkan pembakaran kalori dan penguatan otot.

1. Bersih-bersih rumah

Tetap Aktif Bergerak, Ini 5 Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga

Membersihkan rumah setiap hari adalah cara cerdas untuk memastikan kamu tetap aktif. Aktivitas membersihkan rumah dapat melibatkan berbagai kelompok otot. Misalnya aktivitas menyapu, mengepel, memindahkan barang, dan naik turun tangga dapat membuatmu mengeluarkan banyak keringat dan membuat berbagai otot bekerja.

Individu dengan berat badan 150 pon (68 kg) dapat membakar 85 kalori per setengah jam saat melakukan aktivitas bersih-bersih yang ringan, sementara pembersihan yang berat membakar 102 kalori dalam setengah jam.

2. Lakukan beberapa aktivitas sambil berdiri

Tetap Aktif Bergerak, Ini 5 Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga

Berbagai rutinitas ringan, seperti menggosok gigi, keramas, merias wajah, menyisir rambut, dan sarapan bisa menjadi olahraga ringan setiap harinya. Caranya, lakukan aktivitas di atas dengan berdiri. Ingin lebih menantang? Berdirilah dengan satu kaki.

Kebiasaan sederhana ini bisa membuatmu membakar lebih banyak kalori, tergantung pada berat badanmu dan berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk melakukan aktivitas tersebut.

3. Berjalan kaki

Tetap Aktif Bergerak, Ini 5 Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga

Jalan kaki adalah salah satu aktivitas termudah yang dapat kamu lakukan untuk tetap aktif. Untuk membakar lebih banyak kalori, yang harus kamu lakukan adalah menyediakan lebih banyak waktu berjalan. Misalnya, saat berangkat dan pulang kantor, pergi ke minimarket, mengunjungi teman, dan sebagainya.

Untuk manfaat maksimal, gunakan pedometer untuk melacak seberapa jauh kamu melangkah dan usahakan agar kamu bisa berjalan hingga 10.000 langkah sehari. Lebih bagus lagi jika kamu juga berjalan melewati jalan yang menanjak dan memilih menggunakan tangga daripada eskalator atau lift.

Aktivitas jalan cepat ini dapat membakar lebih dari 200 kalori dalam 30 menit, tergantung pada berat badan dan intensitas latihan yang kamu lakukan. Sementara itu, naik turun tangga dapat membakar 48 kalori dalam 5 menit dan sangat baik untuk melatih otot betis dan pantat.

4. Mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan

Tetap Aktif Bergerak, Ini 5 Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga

Memiliki hewan peliharaan terbukti meningkatkan level aktivitas pemiliknya. Adanya hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing, akan memberi kamu alasan lain untuk keluar dan tetap aktif.

Merawat hewan peliharaan membutuhkan aktivitas, atau menjadi teman akuntabilitas kamu sendiri untuk setidaknya bergerak dan berjalan-jalan singkat setiap hari. Bahkan, memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing sebenarnya memaksa kamu untuk tidak duduk dan rebahan sepanjang hari.

Mengajak anjing jalan-jalan di sekitar rumahmu dapat membantu membakar sekitar 200 kalori untuk setiap setengah jam. Atau setidaknya bermain dengan kucing dapat menjadi alasan untuk tetap bergerak.

5. Memasak

Tetap Aktif Bergerak, Ini 5 Aktivitas Seru sebagai Pengganti Olahraga

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa aktivitas memasak dapat memiliki efek seperti olahraga. Padahal, memasak dapat membakar lebih banyak kalori dan membuatmu tetap bergerak.

Terlebih, dengan memasak makananmu sendiri, kamu jadi tahu persis apa yang masuk ke dalam tubuhmu, sehingga dapat membantu kamu mengontrol kalori yang masuk ke tubuh.

Selain itu, berkat aktivitas seperti berdiri, mengangkat barang ringan, dan memotong, orang seberat 68 kg dapat mengeluarkan 78 kalori dalam 30 menit memasak.

Jadi, untuk kamu yang merasa sering tidak sempat berolahraga, yuk perbanyak melakukan aktivitas di atas sebagai aktivitas fisik alternatif pengganti agar tubuh tetap aktif bergerak dan sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *