Ketahui 3 Tips Olahraga selama Puasa, Biar Tubuh Tetap Bugar!

Ketahui 3 Tips Olahraga selama Puasa, Biar Tubuh Tetap Bugar!

Ketahui 3 Tips Olahraga selama Puasa, Biar Tubuh Tetap Bugar!

Ramadan telah di mulai. Ramadan merupakan bulan suci di mana setiap umat Islam di seluruh dunia di wajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh.

Di lansir dari bradford-online.com, berolahraga selama Ramadan bisa jadi terasa sulit karena kamu tidak bisa minum air atau makan dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Meskipun begitu, kamu tetap perlu berolahraga selama bulan Ramadan agar tetap bugar.

Sebenarnya, berolahraga sambil berpuasa bukanlah hal yang mustahil. Yang terpenting, kamu punya strategi untuk tetap aktif secara fisik selama Ramadan.

Di kutip dari IDN Poker APK, berikut ini adalah tiga tips olahraga saat puasa yang bisa kamu lakukan.

1. Rehidrasi perlahan-lahan

Mencukupi kebutuhan air saat puasa memang penting, tapi tidak di sarankan untuk minum banyak air dalam satu waktu. Usahakan minum sekitar 2,5 liter secara perlahan mulai dari buka puasa sampai akhir waktu sahur agar tubuh dapat menyerapnya dengan baik. Juga, jika kamu berolahraga setelah buka puasa, pastikan untuk minum air selama dan setelah latihan.

Jika di perlukan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C dan membuat jus atau teh dengan jahe dan kunyit segar, karena kedua bahan tersebut penuh dengan antioksidan dan bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu, hindari kafein karena akan semakin membuat kamu dehidrasi.

2. Temukan waktu yang tepat

Pengalaman puasa bisa berbeda untuk setiap orang, jadi yang terpenting adalah menemukan waktu olahraga yang terbaik untukmu. Misalnya, beberapa orang memilih olahraga di malam hari setelah berbuka puasa agar dapat melakukan latihan yang berat tanpa khawatir dehidrasi.

Juga, ada yang merasa bahwa berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan energi sepanjang hari, sehingga memilih untuk berolahraga setelah salat subuh. Atau, ada juga yang lebih bersemangat untuk berolahraga di sore hari sambil menunggu waktu berbuka. Intinya, semua ini tergantung kenyamanan.

3. Tidur siang untuk pemulihan

Selama Ramadan, kamu harus bangun lebih pagi, beribadah lebih banyak, dan bahkan mungkin tidur terlambat. Karenanya, mungkin sulit untuk mendapatkan tidur yang kamu butuhkan. Dalam hal ini, tidur siang sangat penting untuk pemulihan. Karenanya, jika kamu memilih berolahraga di sore hari, kamu bisa tidur siang terlebih dahulu agar nantinya bisa bangun dengan perasaan lebih segar dan siap berolahraga. Begitu pula jika kamu memilih berolahraga di pagi hari, tidur siang bisa membuat kamu merasa lebih segar saat bangun.

Kamu mungkin akan merasa sangat pusing di minggu pertama. Tapi, jika kamu lebih sering tidur siang, nantinya kamu juga akan terbiasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *