Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi Ada Apa Saja

Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi Ada Apa Saja

 Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi Ada Apa Saja

Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi Ada Apa Saja?  – Kesenian merupakan bagian dari budaya dan sarana yang digunakan untuk mengekpresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, keindahannya juga mempunyai fungsi lain

Suku Betawi merupakan suku asli yang menetap wilayah DKI Jakarta. Mereka merupakan keturunan penduduk yang tinggal di Batavia atau nama DKI Jakarta pada masa kolonial sejak abad ke-17. Beberapa tokoh betawi yang namanya populer ialah Dedy Mizwar, Ismail Marzuki, hingga Siti Nurbaya Bakar.

Walaupun hidup di era teknologi yang sangat modern, masyarakat Betawi juga tak lupa untuk melestarikan budaya dan kesenian daerah mereka. Bahkan, ada beberapa kesenian yang sudah dikenal IDN Play Poker masyarakat luar negeri. Berikut lima kesenian daerah masyarakat Betawi yang wajib kamu ketahui.

1. Tanjidor

Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi, Ada Apa Saja?

Tanjidor merupakan kesenian khas masyarakat Betawi yang sangat identik dengan iringan musik yang khas. Alat musik yang sering di gunakan di pertunjukan Tanjidor ialah klariet, terompet, piston, trombone, dan masih banyak lagi. Pemain musik kesenian ini biasanya sekitar 7 sampai 10 orang.

Pada awalnya, tanjidor lebih sering di mainkan oleh para budak untuk menghibur majikannya. Seiring di hapuskannya perbudakan, tanjidor di gunakan sebagai iringan pesta atau perayaan pernikahan. Adanya Tanjidor sendiri tak lepas dari pengaruh budaya Eropa, khususnya Portugis.

2. Ondel-Ondel

Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi, Ada Apa Saja?

Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan sebuah boneka yang bernama Ondel-Ondel. Boneka ini sering kali di tampilkan saat hari ulang tahun Jakarta. Pada saat hari jadi tersebut, Ondel-Ondel akan di arak mengelilingi kota sambil diiringi alunan musik yang khas.

Umumnya, boneka ini mempunyai bentuk dan corak yang sama, walaupun warnanya cukup bervariasi. Pada awalnya, Ondel-Ondel berfungsi sebagai penolak malapetaka atau makhluk halus yang bergentayangan. Seiring berjalannya waktu, Ondel-Ondel lebih sering di pertunjukkan untuk merayakan pernikahan, pesta rakyat, hingga penyambutan tamu kehormatan.

3. Lenong

Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi, Ada Apa Saja?

Lenong merupakan salah satu teater khas Betawi yang berkembang pada abad ke-19. Kesenian Lenong sangat identik dengan pertunjukan komedi. Ada juga beberapa alat musik untuk memeriahkan pertunjukan seperti kendang, kromong, gong, kecrek, dan masib banyak lagi.

Para peemain di sebut panjak dan ronggeng, panjak sendiri berarti pemain laki – laki, sedangkan ronggeng ialah pemain perempuan. Pada awal perkembangannya, Lenong menceritakan tentang kisah kerajaan. Seiring dengan berjalannya waktu, cerita-cerita Lenong di angkat dari kisah kehidupan sehari-hari.

4. Wayang Golek Betawi

Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi, Ada Apa Saja?

Wayang tak hanya berasal dari daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, atau DI Yogyakarta saja, melainkan juga ada yang berasal dari Betawi. Kesenian wayang yang berasal Betawi ini mempunyai jenis wayang golek. Dalam sejarahnya, wayang golek betawi di ciptakan oleh seorang yang bernama Tizar Purbaya.

Pertunjukan wayang golek betawi merupakan perpaduan dari berbagai jenis kesenian seperti lenong, wayang, hingga gambang kromong. Keunikan dari wayang golek betawi ialah ada beberapa boneka yang dapat mengeluarkan asap, berjoget, hingga bahkan berubah menjadi hantu.

5. Palang Pintu

Mengenal 5 Kesenian Daerah Masyarakat Betawi, Ada Apa Saja?

Palang Pintu merupakan sebuah kesenian Betawi yang merupakan perpaduan antara silat dan juga pantun. Biasanya di tampilkan pada salah satu rangkaian dalam pernikahan masyarakat Betawi. Dalam hal ini, sang pengantin pria akan mendapat tantangan dari mempelai wanita untuk menguji kepiawaian bela diri serta kepandaian dalam mengaji.

Nantinya, para jawara yang mewakili sang mempelai laki-laki dan perempuan akan saling menunjukan kemampuan dalam menujukkan gerakan silat sambil melontarkan pantun satu sama lain. Walaupun melakukan gerakan silat, tak jarang penonton akan di buat tertawa karena pantun-pantun yang di lontarkan.

Nah, itu dia lima kesenian daerah masyarakat Betawi yang ada di DKI Jakarta. Ternyata masyarakat Betawi memiliki berbagai kesenian yang unik ya. Semoga kesenian tersebut dapat di lestarikan ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *