Tips Merawat Kompor Listrik Induksi agar Tetap Bersih dan Awet

Tips Merawat Kompor Listrik Induksi agar Tetap Bersih dan Awet

8 Tips Merawat Kompor Listrik Induksi agar Tetap Bersih Awet

Tips Merawat Kompor Listrik Induksi agar Tetap Bersih dan Awet,Kompor listrik induksi kini mulai banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, apalagi demi memenuhi kegiatan memasak di rumah. Selain praktis, bentuknya yang modern pun tampak cocok untuk berbagai desain dapur.

Akan tetapi, dikarenakan terbuat dari kaca atau keramik bagian permukaan kompor ini cukup rawan tergores dan mudah terkena noda.

https://bradford-online.com/

Apalagi jika kompor tidak dgunakan dengan baik. Lama kelamaan permukaan kacanya bisa retak dan pecah. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendri bagi Mama untuk merawat kompor listrik induksi.

1. Hindari membersihkan kompor dengan bahan kasar

1. Hindari membersihkan kompor bahan kasar 

Permukaan kompor induksi biasanya terbuat dari kaca atau keramik. Oleh karena itu, jangan membersihkannya dengan sabut logam atau spons cuci piring biasa karena bisa menimbulkan goresan.

Mama bisa menggunakan kain bersih dan cairan pembersih khusus permukaan kaca atau keramik, sehingga dapat membantu membersihkan kompor listrik induksi.

Sebaiknya Mama pun perlu rutin membersihkan kompor beberapa hari sekali. Tujuannya agar minyak dan kotoran bekas masakan tidak menempel dan berkerak karena dibiarkan terlalu lama.

2. Hindari peralatan masak berbahan kasar

2. Hindari peralatan masak berbahan kasar 

Ada beberapa jenis bahan alat masak yang kurang cocok untuk kompor induksi. Misalnya saja panci atau penggorengan dari besi tempa berat (cast iron), dikarenakan memiliki permukaan kasar bisa memudahkan kompor terkena goresan.

Selain itu, alat masak dari keramik atau tanah liat yang tidak dipoles halus juga berisiko menggores permukaan kompor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *